Sambangi Polda Sulut, Kardinal Ignatius Suharyo Apresiasi Kinerja TNI-Polri dalam Pengamanan Pemilu 2019 -->

Advertisement

Sambangi Polda Sulut, Kardinal Ignatius Suharyo Apresiasi Kinerja TNI-Polri dalam Pengamanan Pemilu 2019

Tuesday, October 22, 2019





MANADO, JURNALSULUT.COM  – Apresiasi terhadap kinerja TNI-Polri dalam mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian tahapan Pemilu serentak 2019 hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang berjalan aman dan kondusif, datang dari berbagai pihak.

Salah satunya diungkapkan oleh Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, yang juga mengemban tugas sebagai Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI & Polri, saat mengunjungi Mapolda Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (22/10/2019) siang.

Apa yang dikhawatirkan oleh banyak orang, menurut Kardinal, tidak menjadi kekhawatiran bagi dirinya. “Kalau banyak orang merasa khawatir, saya pribadi selalu mengatakan kepada umat, kenapa harus khawatir, semua sudah berjalan dengan baik, yang semula baik pasti akhirnya juga akan baik, dan ternyata demikian,” ujarnya, didampingi Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., MSi.

Lanjut Kardinal, hal itu bukan tanpa apa-apa, tetapi berkat pengorbanan antara lain oleh anggota Polri dan TNI di seluruh Indonesia.

“Saya pribadi dan tentunya mewakili umat Katolik di Indonesia, saya pribadi sangat menghargai kinerja TNI dan Polri, bukan hanya sejak pelantikan Presiden kemarin, tapi juga sejak persiapan pelaksanaan pengawalan hasil Pemilu sampai kemarin pelantikan Presiden dan Wakil Presiden,” pungkasnya.

Kardinal dan rombongan menyambangi Mapolda Sulut siang itu untuk melakukan audiensi bersama Kapolda, Pejabat Utama dan seluruh personel yang beragama Kristen/Katolik. Kegiatan ini berlangsung di ruang Catur Prasetya Mapolda.

Pagi sebelumnya, Kardinal telah melakukan audiensi bersama Danlanudsri Manado, Danlantamal VIII Manado dan Pangdam XIII/Merdeka. Audiensi tersebut merupakan rangkaian dari agenda kunjungan Kardinal ke wilayah Sulut, yang akan berlangsung hingga Rabu (23/10).

Pada kegiatan hari kedua, Kardinal akan memimpin langsung Misa Syukur bersama umat Katolik TNI-Polri, di Gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado, Rabu pagi. Usai misa dilanjutkan sambung rasa antara Kardinal bersama umat Katolik.

Kemudian pengarahan oleh Romo Yos M.M. Bintoro, Pr., dengan tema “Peran Strategis Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri dalam Membangun Semangat Berbangsa Demi Keutuhan dan Kedaulatan NKRI”. Sambung rasa dan arahan tersebut rencananya berlangsung di Wisma Montini Keuskupan Manado.

Sumber: Polda Sulut
Editor: M.Tene