Patut Diapresiasi, JG-KWL Diganjar WTP Audit LKPD TA 2021 -->

Advertisement

Patut Diapresiasi, JG-KWL Diganjar WTP Audit LKPD TA 2021

 MARPOL HETHARIA
Saturday, May 14, 2022



JurnalSulut.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dinakhodai Joune Ganda SE bersama Kevin William Lotulung SH MH (JG-KWL) patut diapresiasi.

Betapa tidak, dalam setahun pemerintahan duet bupati dan wakil bupati Minut, JG-KWL mampu mengukir prestasi dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2021.




Penghargaan berupa opini WTP ini diserahkan langsung Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut dan diterima Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotukung didampingi Ketua DPRD Denny Lolong di kantor BPK RI Perwakilan Sulut, di Manado, Jumat (13/05/22).

“Ini semua karya Tuhan yang patut disyukuri, lewat kerja keras kita semua, jajaran pemerintah, DPRD Minut serta seluruh masyarakat di Minahasa Utara. Kerja kolaborasi ini membawa kebaikan. Hasil audit Tim BPK RI atas laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara TA 2021 mendapat penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah bekerja melayani masyarakat, salah satunya dimana JG-KWL akan terus berupaya memperlihatkan kerja nyata untuk kemajuan daerah ini," sebut JG sapaan akrab bupati Minut usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di kantor BPK di Kota Manado.



Bupati menambahkan, opini WTP atas laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara tahun 2021, merupakan yang pertama kalinya sejak setahun lebih memimpin Minut, tepatnya 26 Februari 2021. Hasil pemeriksaan BPK RI ini akan dipersembahkan bagi masyarakyat Minahasa Utara. Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini tentang kewajiban penyajian laporan keuangan. 

Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Saya yakin komitmen kita semua, kewajiban dan tugas kami yakni mempertahankan opini WTP di tahun-tahun selanjutnya. Ini menjadi komitmen JG-KWL dalam menjalankan roda pemerintahan mungkin tidak sampai 5 tahun. Kemudian yang dicapai saat ini merupakan hasil auditor tim pemeriksa atas Laporan Keuangan Pemkab yang telah memenuhi kriteria penilaian,” jelas Bupati. 


Turut hadir diantaranya Pj Sekda Minut Rivino Dondokambey, Kepala Inspektorat Umbase Mayuntu, Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki, Kadis Kominfo Max Wurara serta sejumlah pejabat lainnya. (*/Vq.M)