Sukses Diluar Daerah, Pulang Kampung di Sambut Tarian KABASARAN -->

Advertisement

Sukses Diluar Daerah, Pulang Kampung di Sambut Tarian KABASARAN

Tuesday, May 30, 2017

MITRA, JurnalSulut.Com – Ada yang beda dengan ulang tahun ke 10 Kabupaten Minahasa Tenggara. Kalau sebelumnya, dilakukan dengan sederhana dan dihadiri masyarakat dalam daerah saja.

Namun kali ini, Bupati James Sumendap mengundang warga Minahasa Tenggara, yang sudah berdomisili diluar untuk pulang kampung.

Hal tersebut di buktikan saat rombongan cloter 1, tiba di Ratahan, Sabtu (20/5/2017) di Pusat Ibu Kota Minahasa Tenggara, sekira 12:30 Wita, tadi siang. Para tamu yang sukses merajut nasib di luar daerah tersebut, langsung disambut dengan tarian KABASARAN.

Hal ini-pun terlihat sangat menarik dan mengundang warga sekitar untuk menyaksikan saudara-saudara dari rantau yang sedang pulang kampung halaman.

Belum lama menginjakkan kaki di Minahasa Tenggara, warga-pun memuji perkembangan Kabupaten Minahasa Tenggara yang sudah sangat maju dalam pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap.

“Biasanya kami lihat melalui media sosial seperti Face Book. Namun, setelah datang dan melihat langsung ternyata kemajuan pembangunan di daerah tercinta ini luar biasa pesat,” kata Marie Walukow yang mengaku sudah 15 tahun berdiam di rantau.

Dikutip Jurnalsulut.Com dari Swaramanadonews.com, Dirinya mengungkapkan, dulu keadaan kota RATAHAN sangat berbeda jauh. Jangankan ketambahan gedung. Penerangan atau lampu jalan saja masih swadaya dan terbatas. Sehingga waktu itu, belum semua jalan di Kota Ratahan ada penerangan lampu. Jadi kebanyakan masih gelap gulita. Demikian halnya dengan akses jalan yang masih sempit waktu itu.

“Saya tahu jalan Ratahan-Tombatu masih sempit kala itu. Kendaraan mobil saja kalau bertepatan, harus pelan-pelan sampai bisa lewat. Namun sekarang jalan sudah lebar disemua akses,” kisah Marie.

Belum lagi dengan pasar yang se-masa itu masih kecil dan membuat sesak saat berbelanja. “Dulu keadaan pasar juga masih belum tertata rapih sehingga menyulitkan pedagang maupun pembeli. Saat ini, keadaan sudah berubah. Dari pasar tarditional menjadi pasar modern, apalagi setara dengan mall di kota-kota besar PLAZA RATAHAN lengkap dengan interior didalamnya seperti eskalator. Pkoknya sudah sangat pesat perubahannya,” ungkapnya dengan penuh rasa syukur.

Karena kagum dengan pembangunan di Minahasa Tenggara, dirinya mengajak semua warga Minahasa Tenggara, baik yang berada di luar daerah apa terlebih di dalam daerah, bersama-sama mendukung program pemerintah dibawah pimpinan Bapak James Sumendap.

“Belum tentu pemimpin lainnya bisa melakukan hal yang sama seperti beliau. Jadi, sudah sangat pas dan cocok kalau kita dukung sampai periode selanjutnya. James Sumendap tetap di hati dan salam dua periode,” tukasnya.

 Rombongan kemudian di sambut Sekertaris Daerah (Sekda) Farry Liwe MSc, di gedung PLAZA RATAHAN dan langsung memberikab sambutan dan ucapan selamat datang. Menurut Liwe, masih ada lagi kloter ke dua rombongan yang sama.

“Kita tunggu lagi kloter kedua rombongan tersebut. Mungkin rombongan akan bersama -sama dengan pak Dubes RI untuk Filipina, Purn TNI Letjen Jhony Lumintang dengan pengurus KKMT lainnya,” terang Liwe, sambil menambahkan rombongan akan disambut dengan tarian yang sama.

 (Redaksi)