Kepercayaan Pusat Siapkan BLK Terbesar di Minut -->

Advertisement

Kepercayaan Pusat Siapkan BLK Terbesar di Minut

 MARPOL HETHARIA
Friday, August 26, 2022

 



JurnalSulut.com, MINUT - Kepercayaan Pemerintah pusat, melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) bakal menyiapkan
Balai Latihan Kerja (BLK) pertama dan terbesar di Sulawesi Utara, berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

BLK yang dipersiakan ini akan menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).



Diwujudkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara berlangsung di kantor Kemenaker, Jumat (26/08/22).

Penandatanganan dilakukan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemenaker Budi Hartawa bersama Bupati Joune Ganda dan disaksikan langsung Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.



Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmingrasi Sulut Erny Tumundo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Minut Edwin Ombuh serta Kaban Keuangan Carla Sigarlaki.

Kerja sama ini terkait serah terima lahan dan bangunan, dalam rangka Transformasi Balai Latihan Kerja dan penandatanganan Nota Kesepakatan Peningkatan Kompetensi antara Kemenaker RI, bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.




Menteri Tenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi sinergitas Pemkab Minahasa Utara, yang telah menghibahkan lahan dan bangunan, untuk pelatihan calon tenaga kerja handal.

Kemenaker lanjut menteri, telah menetapkan program Transformasi BLK, untuk mengenjot peningkatan kompetensi SDM, dan bantuan permodalan usaha bagi kelompok masyarakat.

"Dalam waktu dekat akan segera direalisasikan pembangunan BLK UPTP di Minahasa Utara. BLK ini adalah yang pertama dan terbesar di Sulawesi Utara, dan akan menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Minut," terang Ida Fauziyah.



Sementara Bupati Joune Ganda menyambut baik kerja sama ini, dalam rangka pemanfaatan BLK dan peningkatan SDM tenaga kerja di Minahasa Utara.

“Kami mengapresiasi ide dan program Kemenaket. Harapan kami, kerja sama dan terobosan ini, akan memberikan dampak konstruktif bagi pengembangan BLK dan SDM Di Minahasa Utara, untuk menjadi tenaga skill dan expert,” sebut Bupati Joune Ganda, menambahkan sinergitas yang dibangun juga merupakan kontribusi aktif pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui pak gubernur Olly Dondokambey dan pak Wagub Steven Kandouw (OD-SK) maupun komitmen serta kepedulian Pemerintah Kabupaten Minut (JG-KWL). (*/Feki.M)