'Pidato Bahasa Tonsea' Warnai HUT Kelurahan Sukur ke-142 -->

Advertisement

'Pidato Bahasa Tonsea' Warnai HUT Kelurahan Sukur ke-142

 MARPOL HETHARIA
Friday, May 6, 2022

 





JurnalSulut.com, MINUT - Perlombaan Pidato dan lomba Palakat dalam 'bahasa Tonsea' berhasil memukau para hadirin dalam memeriahkan Ulang tahun Kelurahan Sukur ke-142.


Lomba pidato bahasa etnis Tonsea khusus bagi anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kelurahan Sukur, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam rangkaian menyongsong HUT Kelurahan Sukur ke- 142 di tahun 2022.

"Saya awalnya ragu, soal peserta mengikuti lomba ini. Ternyata antusias peserta dan masyararakat yang hadir akhirnya membuyarkan keraguan saya," ujar Lurah Sukur, Piter Denny mengawali sambutannya mengomentari lomba tersebut.

"Perlombaan pidato dan palakat dalam bahasa Tonsea sebagai bentuk pelestarian budaya, dan kini masih bisa diminati anak-anak kita selaku generasi penerus. Saya salut dengan panitia bisa menghadirkan acara seperti ini," tegasnya.



Lanjutnya, dalam rangka memeriahkan HUT Kelurahan Sukur tanggal 6 Mey di tahun 2022, pihak panitia juga telah menggelar berbagai lomba, seperti bola voly, lari estafet 3 km, lomba makan kue, kebersihan antar RT RW.

"Acara puncak HUT nanti dilaksanakan tanggal 8 Mei 2022 bertempat di gedung Gereja Syalom Sukur," jelasnya.



Kemudian dalam mendukung program Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung (JG-KWL) dalam melestarikan budaya, kearifan lokal, dimana panitia ikut menggelar Pidato dalam bahasa Tonsea.


Dengan melestarikan budaya daerah seperti ini menurut Piter, justru sangat menopang dan mendukung visi-misi JG-KWL yang tengah menggaungkan sektor Pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara.

"Intinya, bukan melihat siapa yang juara, menang atau kalah. Tetapi lebih menonjolkan budaya sekaligus mampu melestarikan budaya kearifan lokal," tambah Lurah Sukur, mengakui kegiatan yang berlangsung dalam rangka memeriahkan HUT Kelurahan Sukur tetap mematuhi Protokol Kesehatan. (Vq.M)