Aksi Damai Wartawan Dalam Penuntutan "Copot Kepala Dinas Kominfo Minut" Kini Tuai Dukungan -->

Advertisement

Aksi Damai Wartawan Dalam Penuntutan "Copot Kepala Dinas Kominfo Minut" Kini Tuai Dukungan

Wednesday, December 29, 2021

 



Minut-JurnalSulut.Com-

Para wartawan yang peliputannya di kabupaten Minahasa Utara kini telah melakukan aksi damai untuk mendesak Bupati Minahasa Utara (Minut) dalam pencompotan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Theodorus Lumingkewas, Selasa (28/12) dilobi kantor Bupati, dan berlanjut aksi damai di depan kantor kejaksaan Minahasa Utara.


"Lanjut, para aksi damai  jurnalis yang peliputannya di minut akhirnya diterima oleh Kasat Pol PP Pemkab Minut Robby Parengkuan, dan dalam pertemuannya serta koordinator aksi dari Ketua Jurnalis Kabupaten Minahasa Utara (JKMU) Nando Adam dalam orasinya menegaskan beberapa alasan serta desakan untuk "pencopotan Kadis Kominfo Minut" yang antara lain soal transparansi dan profesionalisme realisasi dana media selama pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Joune J E Ganda SE dan Kevin William Lotulung SH. MH memimpin di Minahasa utara.


" Untuk itu, dengan jelas kami telah mencermati dan menilai ada ketidakberesan pembayaran biaya kerjasama media oleh Kominfo Minut sehingga kami para wartawan yang peliputan di minut melakukan aksi damai ini, dan lebih parah lagi bahwa 

hal ini telah dilaporkan kepada Bupati Joune J E Ganda SE dan bahkan bupati telah berulang kali memerintahkan Kadis Kominfo melalui Sekdakab Rivino Dondokambey agar menyelesaikan hak media secara adil dan profesional.


"Ditambahkan lagi, sepengetahuan saya sudah 4 kali yakni sebelum hari Natal di bulan Desember ini, pak Bupati pak Joune J E Ganda SE telah memerintahkan Kadis Kominfo untuk menyelesaikan persoalan serta membereskan tagihan media, ternyata sampai hingga saat ini tidak ada kejelasan soal realisasi dana media tersebut."katanya.


" Untu itu, sesuai dengan adanya deadline  yang diberikan bapak Bupati Joune J E Ganda SE agar Kadis Kominfo membayarkan dana media secara adil dan profesional yang paling lambat hari ini (28/12), bahkan kemarin Bupati tegaskan 28 Desember harus tuntas, jika tidak Bupati Joune J E Ganda SE bakal akan  mengambil sikap tegas terhadap Kadis Kominfo" tandas ketua JKMU.


"Saat bersamaan, dalam aksi tersebut para wartawan yang mengikuti aksi damai tersebut, bertemu dengan Kasat Pol-PP dan juga Sekdakab Minut Rivino Dondokambey.


"Yang pasti perintah Pak Bupati kepada Kadis Kominfo sangat jelas dan tegas agar diselesaikan hari ini, jika tidak pak Bupati berjanji akan mengambil sikap tegas."kata Rivino sambil menambahkan aspirasi yang disampaikan oleh insan pers akan di teruskan serta disampaikan secepatnya kepada bapak Bupati.(fm)