Penutupan Sulut Expo 2019 Sukses dan Meriah -->

Advertisement

Penutupan Sulut Expo 2019 Sukses dan Meriah

Monday, September 30, 2019



                                           "Olly Minta Stop Budaya Baku Cungkel"

JAKARTA, Jurnalsulut.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama isteri Ir Rita Maya Tamuntuan, serta Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw bersama isteri dr Kartika Devi Tanos didaulat untuk naik panggung. Tak berselang lama, Olly-sapaan akrab gubernur pilihan rakyat ini- memukul Tetengkoren berkali-kali. Bunyi Tetengkoren itu menjadi tanda  Sulut Expo 2019 yang digelar di Smesco Convention Hall an Exhibition,  Jakarta Selatan, 26-29 November 2019, resmi ditutup. Closing ceremony ini disaksikan tokoh-tokoh nasional asal Sulut, Forkompimda, para kepala daerah, wakil kepala daerah, wakil-wakil rakyat, undangan  dan ribuan warga yang memadati Convention Hall.

Penutupan iven yang digelar dalam rangka HUT Provinsi Sulut ke-55 ini, makin meriah dengan suguhan Pentas Seni dan Budaya.  Tembang-tembang lawas dilantunkan dengan merdu oleh artis berdarah Kawanua seperti Ruth Sahanaya, Conny Mamahit dan Mikha Tambajong. Atraksi-atraksi memukau tumpukan paduan suara dan kelompok tari dari Minahasa, Bolmong dan Nusa Utara makin melengkapi semaraknya acara penutupan itu. 

Dalam sambutannya, Olly mengaku bangga dengan pelaksanaan Sulut Expo 2019. Selain sukses dari segi acara, iven itu menurutnya, sukses juga dari segi pengunjung. Buktinya, setiap sesi acara seperti seminar dan talk show, selalu dipadati. Termasuk stand-stand pameran selalu ramai dikunjungi warga.  "Angka 55 itu fengsui biasanya pas lancar semua. Panitia lapor biasanya di hari ketiga orang sudah kurang, kalau Sulut full orang, " kata dia.

Ia mengaku suksesnya gelaran Sulut Expo 2019 tak lepas dari dukungan warga Kawanua se-Jabodetabek, kepala daerah di 15 kabupaten dan kota di Sulut serta seluruh warga Bumi Nyiur Melambai.  “Semua ini karena berkat dan ridho Tuhan sehingga kita berada di tempat ini dan acara bisa berjalan sampai hari ini dengan tidak kurang satu apapun. Saya dan Steven bersama isteri kami hadir di sini, ini berkat yang kita hadapi di ujung pemerintahan empat tahun menjadi gubernur dan wakil gubernur, di mana semua kegiatan berjalan dengan baik dan disupport penuh oleh rakyat di Sulut dan bupati/walikota se-Sulut,” ungkapnya

Mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini juga tak lupa memberi apresiasi kepada walikota dan bupati yang telah tampil bersemangat dan meyakinkan saat mempresentasikan potensi dan prospek di daerah masing-masing.  “Saat presentasi sangat menjanjikan bagi investor untuk datang ke Sulut, di mana ada dialog interaktif sehingga permasalahan bisa langsung diselesaikan,” tukasnya. Termasuk juga stand-stand pameran yang berhasil menyuguhkan produk-produk dan materi yang unik dan menarik.

Diakuinya, torehan keberhasilan di kabupaten-kota khususnya dan provinsi umumnya, yang dipamerkan dan dipresentasikan bukan hanya capaian dari gubernur dan wakil gubernur. Ia mencontohkan, Sulut termasuk salah satu provinsi yang dinobatkan sebagai daerah paling rukun dan toleran. “Itu sebabnya makin banyak orang yang berkunjung ke Sulawesi Utara,” katanya. Dampaknya juga terasa di tengah-tengah masyarakat. “Hal ini juga membuat masyarakat di Sulut dijuluki masyarakat bahagia makanya angka harapan hidup di Sulut terus naik menjadi 71-75 tahun,” tambahnya.

Olly berharap keberhasilan yang telah dicapai sampai saat ini dapat lebih ditingkatkan di kemudian hari lewat kerjasama. Termasuk memperbaiki kekurangan yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah dan warga. “Kami sangat mengharapkan pekerjaan ini kita lanjutkan terus agar semua kegiatan bisa berlanjut. Tentunya saya berterima kasih karena semua saling topang menopang. Sulut saat ini tidak lagi ada yang saling “baku cungkel” sehingga semua program pembangunan ke depan bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, tampak tokoh-tokoh asal Sulut yang hadir yakni Theo Sambuaga, Lucky Korah dan Tommy Watuliu. Sedangkan kepala dan wakil kepala daerah yang hadir yakni  Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, Bupati Minsel Tetty Paruntu bersama Wakil Bupati Franky Wongkar, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Bupati Bolaang Mongondow Yasti Supredjo Mokoagow, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Bupati Sangihe Helmut Hontong,  Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Ketua Panitia Asiano Gammy Kawatu. Acara diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama investasi, kemudian dihibur artis nasional. 

Editor    : Martinus Tene
Sumber : DKIPS Prov. Sulut