Rizya Davega : Kehadiran Dekranasda Mitra Pelaku Kriya di Minut -->

Advertisement

Rizya Davega : Kehadiran Dekranasda Mitra Pelaku Kriya di Minut

 MARPOL HETHARIA
Wednesday, September 14, 2022



JurnalSulut.com, MINUT - Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rizya Ganda Davega turut menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Hotel Luwansa Manado, Rabu (14/09/22).


Kehadiran isteri Bupati Joune Ganda SE MAP, notabene merupakan Ketua Dekranasda Minut.


Hadir dalam agenda ini yakni Ketua Drkranasda Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DWP Sulawesi Utara, Titin Agustina Praseno Hadi, Ketua Dekranasda se-Kab/Kota di Sulut, termasuk pengurus Provinsi dan Kabupaten Kota, juga narasumber serta undangan.


Disebutkan Rizya Davega, Kabupaten Minahasa Utara begitu kaya dengan beragam hasil kerajinan tangan menarik. Termasuk dukungan keahlian  pengrajin, membuat Dekranasda hadir sebagai mitra untuk membantu para pelaku kriya (kerajinan) yang merupakan salah satu subsektor dari ekonomi kreatif di Minahasa Utara.

"Tujuannya agar karya pengrajin bisa dikembangkan, melestarikan dan memasarkan produk serta bantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi pelaku kriya yang masih tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM)," terang Ketua Dekranasda Minut.


Kegiatan yang sudah dilakukan Dekranasda Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2022 lanjut Davega, diantaranya merancang dan memproduksi Batik Minahasa Utara, mengikuti RAKERDA serta pelantikan pengurus Dekranasda Prov. Sulawesi Utara, mengikuti kegiatan Rakor DEKRANASDA bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sulut terfokus di KEK Likupang, Desa Kinunang, Kecamatan Likupang Timur (Liktim). 


Selain itu, Dekranasda Minut juga berpartisipasi dalam pameran Summer Fancy Food Show tahun 2022 yang diadakan di Javits Center New York Amerika, tanggal 12-14 Juli lalu, termasuk mengikuti kegiatan W20 yang dilaksanakan di wilayah Likupang.

"Daerah ini juga pernah menerima kunjungan kerja Ketua DEKRANAS Bidang Manajemen Usaha, Ibu Menteri Teten Masduki, bertempat di Wale Gonofu Desa Pinenek, Kecamatan Liktim, yang merupakan kegiatan sinergi KEMENKOP dan UMKM," kunci Rizya Ganda Davega. (*/Feki.M)