Polda Sulut Laksanakan Ujian Kesamaptaan Jasmani Casis Bintara -->

Advertisement

Polda Sulut Laksanakan Ujian Kesamaptaan Jasmani Casis Bintara

Monday, October 12, 2020


MANADO, JurnalSulut.Com – Polda Sulut (Sulawesi Utara) melakukan Tes Kesjas (Kesamaptaan Jasmani) terhadap peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri Tahun Anggaran 2020, mulai Senin (12/10) pagi, di Lapangan KONI Sario Manado.

Informasi diperoleh, tes tersebut diikuti oleh total 374 Casis atau Calon Siswa (359 pria, 15 wanita) Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), Komsus (Kompetensi Khusus), dan Rekpro (Rekruitmen Proaktif) yang dinyatakan Memenuhi Syarat dalam tes Rikkes (Pemeriksaan Kesehatan) Tahap II.

Tes Kesjas hari pertama ini dikhusukan bagi Casis Bintara Komsus (terdiri dari 35 Casis pria) dan Bintara Rekpro (terdiri dari 7 pria, 2 wanita). Sehingga total peserta hari ini berjumlah 44 orang.

“Laksanakan setiap jenis tes dengan sungguh-sungguh sehingga mendapat hasil yang maksimal,” ujar Karo SDM Polda Sulut, Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo saat memberikan arahan kepada para Casis.

Selanjutnya, para Casis menjalani Tes Kesjas A dan B. Tes Kesamaptaan A yaitu lari 12 menit mengelilingi lapangan. Kemudian Tes Kesamaptaan B, terdiri dari pull up (pria) dan chinning up (wanita), sit up, push up dan shuttle run atau lari membentuk angka 8.

Kemudian dilanjutkan dengan tes renang dan antropometrik atau pemeriksaan penampilan serta postur tubuh.

Tes kesjas dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh Casis diperiksa kondisi kesehatan termasuk pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, dan seluruh peralatan tes disemprot cairan disinfektan.

Jalannya tes turut diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam), serta Tim Pengawas Eksternal (LSM Gerbin).

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam tiap seleksi di lingkungan Polri.

Kemudian, untuk para Casis Bintara PTU akan menjalani tes serupa mulai Kamis (15/10) di tempat yang sama.

Penulis: Pri