Vidcon Bersama Jokowi, Bupati Joune J.E Ganda SE Ikut Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 -->

Advertisement

Vidcon Bersama Jokowi, Bupati Joune J.E Ganda SE Ikut Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021

Friday, May 28, 2021

 


 Minut-JurnalSulut.Com - Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, Melalui Bupati Joune J.E. Ganda SE Dalam Mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tentang Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 Dengan Mengusung Tema Yaitu "Kawal Efektivitas Belanja, Pulihkan Ekonomi" Yang Dihelat Oleh BPKP Pusat Secara Virtual, Kamis 27 Mei 2021.

 


 

Rrapat koordinasi tersebut, dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah, Inspektorat dan seluruh stake holder yang berkaitan dengan BPKP.


Dalam rakornas tersebut, presiden Joko Widodo menyampaikan, yang ditunggu dari rakyat adalah hasil dari setiap belanja daerah. dan Pengawasan harus memastikan tidak ada satu rupiah yang disalah gunakan, apalagi dikorupsi.

"Kualitas Perencanaan harus dipikirkan, dan harus jelas sasarannya supaya mendukung tujuan pembangunan yang ada, juga harus sinkron dengan program lainnya.


Jangan ada program yang tidak optimal dalam pelaksanaannya, contohnya pembangunan Pelabuhan tapi tidak ada akses jalan menuju Pelabuhan, pembangunan Waduk tapi tidak ada irigasi Primer, sekunder bahkan tersier.
 

Untuk suatu akurasi Data jangan lagi ada masalah. Karena pendataan bisa terjadi bermasalah, contohnya Bansos yang tumpang tindih, sehingga penyalurannya menjadi lambat dan pada akhirnya malah salah sasaran.



"Masalah data harus diselesaikan. Jangan tahun depan masih terjadi masalah yang sama di bagian data."tegas Presiden Jokowi.



"Terpisah, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda SE, menghimbau kepada seluruh Kepala  Daerah, ASN serta pejabat terkait agar, dalam pelaksanaan tugas serta fungsi pengawasan dalam menunjang program bapak presiden Republik lndonesia (RI) soal penggunaan anggaran yang tepat sasaran, guna  tercapainya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran di Minahasa Utara, serta bisa berjalan dengan baik bahkan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat terkait pengelolaan anggaran yang ada."tutup Bupati Joune J.E. Ganda SE.
(fm)